Kamis, 14 Maret 2013

Manfaat Sarang Burung Walet




Sejarah mencatat bahwa sarang burung wallet telah dikonsumsi oleh orang-orang Cina sejak tahun 700. Sedangkan, perdagangan sarang burung wallet dari Asia Tenggara ke Cina telah dilakukan sejak abad ke-14, pada saat Dinasti Ming berkuasa si Negeri Cina. Maraknya perdagangan sarang burung wallet tersebut berkaitan erat dengan khasiat sarang burung wallet dan status social orang-orang yang mengkonsumsinya. Sarang burung wallet dipercaya mempunyai khasiat bermacam-macam, termasuk dapat menyembuhkan beberapa penyakit pernafasan, menghalus-kan kulit, menambah kebugaran tubuh dan memperpanjang usia. Diyakini bahwa sarang burung wallet sangat baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Pada masa Dinasti Qing, makanan dari sarang burung wallet menjadi makanan ’wajib’ pada menu kerajaan. Beberapa resep makanan dari sarang burung wallet terdapat pada beberapa menu makanan eksklusif Cina.
Sarang burung wallet mengandung protein yang sangat tinggi, serta berbagai macam kandungan mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, nitrogen, natrium dan Fe. Berdasarkan pengobatan kuno cina. Sarang burung wallet dipercaya dapat menstimulasi pertumbuhan sel dan mempercepat penyembuhan penyakit kritis, serta pemulihan tubuh setelah operasi. Ini juga merupakan nutrisi supplement untuk kulit agar tetap segar dan awet muda.

Hasil dari berbagai macam experiment dan penelitian menunjukkan bahwa sarang burung bermanfaat sebagai:

1. Zat collagen yang dikandungsarang burung wallet dapat memperlancar pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki saluran pencernaan.
2. Sarang burung wallet dapat mengurangi dahak dan menyembuhkan batuk. Ini juga merupakan nutrisi bagi paru-paru dan menguatkan saluran pernapasan
3. Meng-konsumsi sarang burung wallet dalam masa kehamilan dapat mengurangi rasa sakit pada punggung, memperkuat paru-paru bayi yang dikandung. Juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.
4. Untuk wanita, konsumsi secarateratur dapat meningkatkan daya metabolisme, memperbaiki kulit serta menghambat proses penuaan.
5. Untuk orang tua, konsumsi secara teratur dapat menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
6. Untuk anak-anak, sarang burung wallet dapat memperbesar daya serap nutrisi yang ada pada setiap makanan, dan memperkuat paru-paru anak.
7. Merupakan makanan sehat bagi paraperokok, serta mengurangi effect yang ditimbulkan dari nicotin.

0 komentar:

Posting Komentar