Kamis, 14 Maret 2013

Cara Membuat Kue Dorayaki

Kue dorayaki atau kue doreyaki tentu tak asing lagi ditelinga kita. Kue dari jepang yang cukup terkenal di Indonesia sejak dikenalkan doraemon. Kalau di Indonesia Kue dorayaki mirip Kue kamir Malah ada yang bilang Kue Dorayaki itu sama dengan kue kamir.
Kue Dorayaki merupakan salah satu kue tradisional jepang yang memang sudah menjadi jajanan favorit di Jepang karena rasanya yang enak dan cukup mengenyangkan sehingga cocok bagi mereka yang suka bekerja keras dan tak punya cukup waktu untuk makan biasanya kue doreyaki ini menjadi pilihannya. Kue dorayaki juga sekarang mulai ramai dijajakan di Indonesia menjadi salah satu bisnis kue yang cukup menguntungkan.
Kue Dorayaki memiliki tekstur lembut karena adonannya yang mengandung madu. Awalnya cara buat kue Dorayaki cuma  dengan selembar kue bundar yang pinggirannya sedikit dilipat  hingga membentuk segi empat. Kemudian kue diberi selai kacang dibagian tengahnya. Pada tahun 1914 barulah kue Dorayaki dibuat dengan dua lembar kulit dan kemudian semakin populer hingga sekarang ini. Selain Dorayaki kue tradisional lainnya yang lebih populer adalah kue Obanyaki yang bentuknya mirip kue dorayaki dan juga kue kastela ( Kue Bolu ) yang bahannya hampir sama dengan kue dorayaki. Jika anda mencari resep kue dorayaki dan berencana membuat dorayaki silakan anda coba resep cara membuat dorayaki sederhana berikut ini.
Membuat Kue Dorayaki
Bahan Kulit Kue Dorayaki :
tepung terigu  180 gr 
telur 3 butir 
gula halus  150 gr
baking powder  1/2 sdt
Madu 1 sdt
Air secukupnya
Bahan Isi Kue Dorayaki :
kacang hijau ¼ kg 
Gula secukupnya
Cara Membuat Kue Dorayaki :
  • Campurkan telur, tepung terigu, gula pasir baking powder, dan madu kemudian tambahkan air secukupnya, buat adonan dorayaki agar kental mirip adonan kue martabak.
  • Siapkan  cetakan kue dorayaki yang telah dipanaskan serta sudah diolesi dengan minyak / mentega kemudian masukan adonan kue dorayaki kedalam cetakan, jika tampak kuning kecoklatan, angkat.
  • Untuk isi Dorayaki rebus  kacang hijau dan kemudian buang air rebusannya, setelah itu haluskan kacang hijau dan tambahkan dengan gula. Panaskan isi kue dorayaki dalam kuali hingga sedikit mengering.
  • Ambil dua buah  kulit kue dorayaki yang telah kita masak, Kemudian salah satunya diberi kacang hijau dan kulit satunya sebagai penutup. Tekan tekan sedikit dengan dua telapak tangan. Kue dorayaki siap dihidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar